21.2.11

walk in papua

7 hari, 5 kota, 7 penerbangan,
dan pengalaman yang tak bisa di lupakan dan tidak dapat dibayar oleh apapun.
ya, Papua, atau Irian Jaya.

Hingga detik menjelang keberangkatan menuju Irian Jaya
saya pun masih tidak percaya, jika saya harus pergi dari Jakarta
menuju ke Irian Jaya.
Tidak pernah sekali pun saya pergi jauh, melewati pulau Bali
tapi saat ini mama ku kasih kesempatan untuk berlibur
hahahahaha, saya juga termasuk orang yang jarang berlibur lho.

Lebih dari 8 tahun tidak pernah naik pesawat lagi
akirnya setelah menyelesaikan semester 9 kemarin,
Tuhan kasih hadiah lagi hahahaha.
entah kenapa hadiah hadiah kejutan selalu Tuhan berikan
pada waktu setelah selesai semesteran wkkwkwk.
Mungkin hadiah kali ya hahaha
yang diberikan karena telah ikut 1 semester hehehe.

Cerita saya mulai dari sini

Setelah berangkat dari rumah dengan terburu buru, dan biasa lah ribut ribut kecil sama mama
saya sampai di bandara Soekarno Hatta, baru sampai saja, saya sudah di kasih eksekutif lounge.
makan minum main internet sepuasnya hahahaa.

Karena sudah mendekati jam terbang, saya pun pindah lokasi
ke ruang tunggu pesawat, hmmm cukup ngaret ya, dari rencana berangkat jam 9 malam
jadi berangkat pun saya jam 12 malam.

Kami naik pesawat merpati, yang memang mama saya kerja disana dulunya,
sekarang sih sudah pensiun, tetapi kata mama saya, saya bisa dapat tiket gratis
1 kali dalam 1 tahun karena kebijakan perusahaan, sampai saya berumur 25 tahun.

HUAAAHHH deg degan sekaliiii sudah lama tidak naik pesawat saya harus naik pesawat lagi,
sepanjang perjalanan saya terus berdoa, dari awal pertengahan hingga akir saya selalu berdoa
minta perlindungan, supaya selamat, dan di beri yang terbaik pokoknya lah. hehehe, maklum takut jatuh, jadi ya pasrah sama Tuhan saja saya hehehe. Tapi buktinya di jaga sampe sekarang hehehe masih bisa ketik cerita ini lagi hehehee.

sepanjang malam di pesawat sampai hari pagi lagi, total perjalanan 4 jam lebih, sebelum sampai Sorong kami mendarat dulu di Makassar, Ujung Pandang. Lihat deh awannya, hahahaha,
indah bukan main, itu seperti ombak saja, tapi itu adalah awan, gak percaya sekali waktu lihat itu, hahahaha keren pokoknya, tapi tetep deg degan wkwkwkwkwk.

Sampai lah kami di Sorong, wow, kecil sekali bandaranya hehehe

Foto dulu di depan pesawat Merpati Boeing 737 seri 300 ah hehehehe

nah ini dia nama bandara di Sorong, yaitu DOMINE EDUARD OSOK

Nah ini dia keadaan bandara kedatangan di Sorong, hahahaha kacau balau, sudah seperti kandang ayam hehehe jelek deh pokoknya ngacoooo kwkwkwkwkw

Sesampainya di Sorong kami keliling kota dan melihat sebuah pulau, yang diberi nama Pulau Buaya, coba lihat, seperti buaya kan? ada mulutnya hehehe.
o iya, mengitari kota sorong itu, paling cuma 15 menit saja.
karena kotanya kecilll sekali, hahaha.

Ini dia makanan di Papua, 1 orang makan 1 ikan, kalau di Jakarta 1 ikan bisa buat beramai ramai, tapi tidak hal nya dengan di Sorong ini, 1 orang makan 1 ikan, dan memang harganya mahal hehehe, 50 ribu sekali makan hehehehe. Tapi rasa ikannya enakkkk sekali, apa lagi cabainya pake cabai dabu dabu segar jadinya.

Hotel Mariat, hotel tempat kami menginap di Sorong, huah jelek hotel nya wkwkwkwk,
tapi bagi orang Sorong ini hotel terbaik, karena Pak SBY waktu pergi ke Sorong menginap di hotel ini lho hehehehe.

Wahhh kalau ini pengalaman yang tidak akan pernah saya lupa hehehee
perjalanan dari Sorong ke Timika, saya duduk di depan,
ya di tempat pilot hehehehe, kebetulan mama saya kenal dengan pilot nya.

Ini pemandangan di kockpit pesawat merpati, hehehe ternyata dalam nya sempit, waktu itu cuaca sangat cerah jadi saya di kasih lihat puncak Jaya wijaya sama pilotnya, Puncak jaya wijaya adalah puncak gunung tertinggi di Indonesia, dan ditutupi salju abadi hehehe.
Kapan lagi kan naek pesawat sama supirnya? wkwkwwk belom tentu besok besok bisa lagi hahahahahaha.

Mozes Kilangin, bandar udara yang ada di Timika ini, adalah bandara udara yang menurut saya ya, hehehe di kelola bukan sama pemerintah aja, tapi udah ada campur tangan dari PT FREEPORT, jika kalian semua ke dalam bandara ini, company profile PT FREEPORT di pajang berbentuk lukisan dan pernak pernik lainnya. Lihat saja patung selamat datangnya dari BAN hahaha ban untuk ambil emas tuh yang terkenal besar sekali, saya saja kalah besar nya hehehe.

Dari Timika kami beranjak ke Jayapura, karena di Timika kami hanya transit saja, tidak lebih dari 2 jam, karena pesawat rusak, hehehe, waktu pesawat rusak saya juga tau, karena saya ada di kockpit hehahehehee.

Pemandangan Danau sentani, yang sangat sangat indah, saya foto sama mama disini, tapi sayang danaunya tidak kelihatan, hehehe.

Ini baru kelihatan danau Sentaninya, ternyata kamera itu menipu sebenarnya, hehee,
jika kalian ada di sana, wowwwwwwwww besarrrrrrrrrr sekali, dan merinding ngelihat nya hahahaha soalnya indah sekaliiii gokil kalo kata orang Jakarta dah wkwkwkwwk.

Ini Tugu Mac Arthur, coba lihat di wiki pedia atau google deh sapa dia hahahaha
saya juga kurang paham.

Pokoknya Mac Arthur itu mengusir Jepang lah pada saat itu tugasnya.
keren ya, Indonesia jadi saksi akan perang dunia ke 2 hehehe.

Danau Sentani dari anjungan nih, hehehe ini baru bagusss, angin nya kenceng banget, tapi luas dan bagus dan udara di sini hemmmmmmmm enakkkk gak ada baunya gak kayak di Jakarta hahahaha

Tempat nunggu kapal di Danau Sentani, karena di pulau pulau kecil sana banyak penduduk nya, jadi harus naek kapal kecil dari sini. hehehe

Kapal itu gak di pake lho hehehe hanya mejeng saja, yang di pakai itu kapal kapal kecil kayak kapal nelayan, kalo itu kayaknya kapal pemerintah deh hehehe.

Setelah 2 hari di Jaya pura, padahal harusnya 1 hari, tapi karena perjalanan ke Merauke tidak setiap hari, jadi bisa bisa kita nanti lama di Merauke deh, gak bisa pulang hehehehe.
pengen sih menginjak kaki di merauke, yang terkenal akan lagu dari sabang sampai merauke.
tapi sapa bilang hanya Merauke ujungnya Indonesia? gak juga, Jaya pura pun termasuk, bahkan dari danau Sentani itu, udah dikit lagi nyeberang, heheheh Papua New Guinea. Kami berangkat lagi menuju ke Biak. ini dia namanya Frans Kaisepo, hehehehe sedikit lumayan bandaranya hehehee. Kata orang orang, biak itu dataran bukan dari tanah, tetapi dari karang, memang betul sih kalo dilihat disana hitam hitam tanahnya, tanah pasir karang gitu, dan juga bandara di Biak ini adalah salah satu bandara terkuat didunia, karena dari dulu sampe sekarang belum pernah ada pemugaran dari landasan pacunya, saking kuatnya ya di buat sama pemerintah jepang kali hehehe waktu perang dunia ke 2 kwkwkwkwk.

nah ini goa, jepang, maaf saya gak masuk karena keburu buru waktu jadi foto dari depan saja hehehehe

itu lihat deh, ada senjata senjata bekas jepang yang sudah menjadi karat di pajang di depan sana

Lanjut jalan ke pantai Bosnik, di biak, wowwwwwwwwwww kamu tau hijau lau dan biru laut kayak mana? tuh kayak diatas, mungkin kamera saya tidak bagus ya, tapi coba cek di internet, atau datang sendiri ke sini HAHAHAHA hijau dan birunya buat meringisss bagussssssss hehehehe, menurut pengamatan saya, logo hijau dan biru penerbangan Garuda Indonesia, terinspirasi dari pantai pantai yang ada di Papua ini, hehehehe begitu juga dari burung Garudanya, burung yang merupakan lambang kekuatan Indonesia, ya iyalah, perusahaan iklan terkenal yang buat logo tersebut, masa maen maen dengan riset nya hehehhehehehe.

Monumen perang dunia ke 2, tuh ada tulisan jepang nya juga, cuma gitu aja sih, tapi ya keren aja ada di sini hehehehe berasa kayak ada suara pesawat jepang ngebom hehehehe #lebayabis

foto bersama keluarga besar si hitam hehehehe, kurang deket si mama fotonya hehehe
mama takut dari deket wkkwkwk, takut di mintain duit hahahahaha

taman burung dan anggrek, gitu aja, gak ada yang istimewa

bisa di bilang sepi dan tidak terlalu tertata rapih, masa saya masuk kesana saja, tidak ada orang yang jaga, kita buka pintu sendiri kesana hahahahaha, GA ADA YANG JAGA SAMA SEKALI wkwkwkwkwkwk, padahal ini kayak ragunan di Jakarta.

nah itu lah perjalanan kami di Biak wkwkwkwk, kota kecil sepi, yang apa apa duit, ya semua papua juga sih, tapi ada yang lucu dari Biak.
setiap toko buka dari pagi, jam 8 sampai jam 1 siang,
lalu dari jam 1 siang, hehhe toko tutup semuaaaaa,
kata informan terpercaya, orang Biak pada istirahat tidur siang hehehe.
lalu, jam 5 mereka buka lagi
sampai tutup di malam hari jam 10an lah hehehe.

dan juga, pada hari minggu semua toko di Biak tutup semua,
karena bagi mereka Minggu itu hari sabat, dan harus buat Tuhan.
mantab lah pada inget semua hehehe.

Hari terakhir, kami sampai lah di Makassar hehehe
senanggggggggggggggg makasar ini ya, kota besar, kota canggih dan kota yang lebih cocok jadi IBUKOTA, hehehe karena apa? pembangunan di Makassar ini gila gilaan, semua bagussssss gokil deh, gak kayak perjalanan kemarin kemarin hahahaha.
Lihat saja, bangunan bandaranya wow, keren sekaliiii.

Sampai di sana kami di jemput deh, hmmm ada fotonya sih tapi gak di foto pake kamera, lupa tau mana fotonya hahaha, kami di jemput sama mobil dinas RUMAH SAKIT, wkwkwkwk
jadi kami naik mobil rumah sakit, putih merah gitu kwwkwkwkw, kami makan deh makanan has dari Makassar, yaitu pisang epe. Pisang bakar biasa, yang di getok getok jadi gepeng, wkwkwkwk kasih rasa coklat atau keju atau durian, ya begitu lah, keras2 sekali makan 3 buah pisang, langsung kenyang benerrrr..

akirnyaaaaaaaaaaaaa sampai di hotel yang manusiawi wkwkwkwk, hotel horison, dapat suite room mandi nonton tidur enak kemaren kemaren hotel kayak rumah hantu semua HAHAHAHAH

Ini dia saya di dalam benteng roterdam

lihat kan benteng roterdam? tertata rapih, terawat, gak kayak di jakarta hueks, bau kencing semua wkwkwkwkwk

tuh catnya saja masih bersih, bagus deh pokoknya, rapih kota Makassar ini.

narsis dikit wkwkwkwkwk

pantai losari, ancol nya Makassar, hmmm bagus, rapih, berciri khas, tapi panas nya booooo
gileeee bikin pengen buru buru pulang ke hotel mendinginkan kepala wkwkwkwkwk
kalo malam udah kayak di PRJ Kemayoran, rame motor dan anak muda, sampe macet kwkwkwkwk. cewe nya pun cantik cantik sekali di Makassar ini, pokoknya menyenang kan deh hehehehe

haaaaaaaaa akirnya sampai juga di kota Jakarta, bukan gak seneng jalan jalan, bukan tidak bersyukur, tapi hahahaha ini dia kota saya lahir, kota saya bekerja, saya sekolah, saya tumbuh dewasa, hmmmm percaya gak percaya, dari 7 hari pergi, 7 hari saya memikirkan kota Jakarta,
saya sampai berkata dalam hati, kangen Jakarta, mending gue macet2an deh, dari pada di Irian Jaya, sepiiiiiiiiiiiiiiiiii kayak kota hantu hehehehehe.

btw, dari semua perjalanan, semuanya berkesan, dan menghibur, bersyukur, gak semua orang bisa ke papua ini, hehehe.

bukan mau sombong, tapi kalo mau dihitung hitung, semua perjalanan saya bisa mencapai 20 juta, itu baru tiket, belum termasuk hotel dan makan makan dan transportasi disana huah, untung semua saya dapatkan gratis tis tis tis, hehehehehe.

makasih Tuhan dapet liburan hehehehe
liburan yang kata temen gue Aneh, tapi bagi gue, kesempatan yang besar, hehehehehe

nice to be in papua,
kalo disuruh kesana lagi, hehehe

ya boleh lah hahahaha

tapi kalo gratisan ya hahahahaha