6.3.12

This and That


Setelah lama tidak pernah bercerita lagi di dalam blog ini
sekarang saya kembali menulis sepenggal kisah yang menggembirakan.
Cukup lama saya menjalani kuliah selama 5,5 tahun sedari tahun 2006,
akhirnya sampai kepada titik dimana saya harus menempuh skripsi,
saat yang paling dinanti semua mahasiswa di semua perguruan tinggi.

Untuk menempuh skripsi, seorang mahasiswa di kampus saya (Interstudi), harus melalui sebuah tahap yang disebut "magang". Dan PT.HOSANA INTI PERDANA, adalah nama perusahaan yang dengan sangat baik, mau menerima saya untuk belajar mengenai dunia kerja. Tidak terasa telah 4 bulan (29 September 2011 - 14 Januari 2012) menjalani masa magang, sampailah saya di penghujung waktu untuk mengakhiri magang diperusahaan tersebut. Banyak sekali pengalaman yang tidak terlupakan dan sangat mendidik bagi saya.


Selepas Januari 2012, saya berhenti magang, ternyata, sekali pernah bekerja, maka timbul keinginan saya untuk bekerja kembali. Dari saat itu saya mula melamar di berbagai perusahaan yang membutuhkan motion graphic designer, yang memang saya sangat tertarik di bidang tersebut, diantaranya ANTV, MNC TV & TRANS 7.


Saya cukup gembira pada saat itu, karena tidak lama setelah saya melamar, pihak motiongraphic ANTV memanggil saya untuk melakukan interview, dan hasilnya mereka tertarik,namun, sayangnya saya gagal di tahap psikotest (memang saat itu pertama kali saya melakukan psikotest), maka gugurlah harapan saya untuk bekerja di ANTV.

Berselang beberapa waktu, panggilan berikutnya pun datang dari pihak HRD MNC TV, psikotest pun saya jalani, dan saya telah belajar sepenuhnya untu menjalani psikotest tersebut, dan menurut saya, saya sangat bisa, dan dapat melalui tahap tersebut, namun sayangnya saya belum menjadi SARJANA, dan hal itu mungkin yang membuat saya tidak di terima di MNC TV, karena sewaktu saya mengerjakan psikotest si hrd memanggil saya tiba -tiba ;

hrd : ada yang bernama Ruud Abiyoga
saya : saya pak (sambil mengangkat tangan)
hrd : kamu belum lulus kuliah?
saya : belum pak
hrd : trus sekarang kamu masih kuliah?
saya : masih pak, saya lagi mau skripsi.

-hening-

(latar belakang suasana, ruangan dengan bangku yang dilengkapi meja, hening, bersamaan dengan calon pegawai MNC TV lainnya yang sedang melaksanakan test psikotest).

Tak lama kemudian saya selesai melakukan psikotest, lalu saya maju untuk menyerahkan lembar soal dan jawaban tersebut. Tiba-tiba si hrd kembali bertanya :

hrd : Ruud, kamu kenapa kuliah lama sekali?
ruud : Saya kebanyakan ngeband pak... (sambil tersenyum)
hrd : Ooo

(kalo kata kakak perempuan gue "siapa lo dek? emank lo pasha "UNGU") hahaa


Okay, untuk kedua kalinya saya gagal untuk bekerja di perusahaan tersebut. Perasaan pusing mulai melanda, beban pengganguran pun terbeban di pundak saya. Lama berselang waktu, tanggal 15 Februari 2012 saya mencari pekerjaan di jobstreet.com, dan menemukan sebuah perusahaan video & design bernama "THIS AND THAT", sedang membutuhkan seorang motion graphic designer, tanpa pikir lama bergegas saya kumpulkan CV, show reel dan portfolio saya, langsung saya kirim ke email kantor tersebut.

22 Februari 2012 tepatnya waktu saya ingin bermain kerumah teman sma saya yang bernama Reydo Respatih dan Rafael Reyno, datanglah telepon panggilan dari Ibu Yuni, untuk memanggil saya interview di THIS AND THAT, pada tanggal 23 Februari 2012 pukul 11.00. Senang rasanya mendengar hal tersebut. Mulailah saya mencetak portfolio saya , dan mengumpulkan video yang telah saya buat, untuk menyerahkan pada saat interview esok hari.

23 Februari 2012 saya datang untuk interview di kantor THIS AND THAT. Saya sangat ingat pada saat itu waktu menunjukan pukul 11.00, dan pada saat saya datang, KOSONG, tidak ada orang, kecuali orang yang membantu membersihkan kantor tersebut. Suasana disana sangat nyaman, tenang, bersih, klasik, lucu, dan terkesan sangat rumah sekali. Saya disuguhi segelas air mineral, dan diminta untuk menulis formulir kerja.



Salah satu hal yang harus saya isi adalah tiga buah pernyataan yang harus di isi menggunakan bahasa inggris.

i was...
i am...
i will be...

lalu saya menuliskan sebagai berikut :

i was weak and now i am strong
i am finish what i have started
i will be in germany in 2017

Setelah mengisi formulir kerja tersebut, tidak lama kemudian muncul seorang perempuan bernama Ibu Yuni, lalu, wanita lain, lalu wanita lainnya lagi, dan yang akhirnya datang adalah seorang laki-laki, berambut panjang sebahu dan kurus, memasuki sebuah ruangan tersendiri disamping kanan di meja saya menunggu. Ibu Yuni, keluar dari kantor nya dan meminta formulir saya, beserta print portfolio dan cd kumpulan video saya, lalu menyerahkan ke laki-laki yang tadi memasuki ruangan di sebelah kanan saya.

Beberapa saat kemudian, laki-laki tersebut keluar dan memanggil saya, dan pada saat itu saya baru sadar, "oh, ini dia yang bakalan interview gue, okay." Proses interview berjalan dengan lancar, dan pertanyaan pertanyaan nya pun adalah pertanyaan yang biasa di tanyakan pada sesi interview kerja pada umumnya. Namun, tampaknya laki-laki tersebut memiliki penekanan khusus ketika dia membaca, "i will be in germany in 2017". Dia lalu bertanya kepada saya:

interviewer : "kenapa kamu mau ke Jerman? kenapa Jerman coba?"
(sambil muka sedikit bingung dan tersenyum)
saya : saya mau belajar dan sekolah lagi di Jerman pak
interviewer : "ya kenapa jerman sih?"
(nada yang seperti bingung dan tampak lucu di mata dia)
saya : dulu pacar saya di Jerman pak, nah saya mau belajar disana jadinya
interviewer : "oh tapi pacar kamu masih di Jerman?"
saya : udah ngak pak, sekarang dia udah di Jakarta
interviewer : "oh jadi kamu sama pacar kamu janjian gitu? suatu saat kalian berdua bakalan bareng bareng disana?"
saya : hehehe, iya pak
interviewer : ouuuuu so sweeetttt
saya : iya pak (huahahaha dalam hati gue ketawa)
interviewer : kamu udah tau mau sekolah di kota mana?
saya : ya kalo gak Hamburg atau ngak Bremen pak
interviewer : oke.

Wah saya sangat senang sekali dengan pertanyaan laki laki tersebut, banyak pertanyaan yang diajukan, dan saya akui, pertanyaan dari laki laki tersebut sangat sangat berbobot, berbeda dari pada saat saya interview di tempat lain yang pernah saya jalani. Jujur saja, saya adalah seseorang yang baru di bidang graphic design, apalagi di bidang motion graphic, tetapi ada satu hal yang sangat saya senang dari kata kata laki laki tersebut :

"Suatu saat akan ada perusahaan yang mau menerima kamu, dari kamu belum berpengalaman, sampai kamu berpengalaman"

Menurut saya itu adalah kata kata mutiara bagi orang yang memang belum berpengalaman seperti saya, alias new comer in the new world. Setelah sesi interview selesai, saya pulang ke kampus saya Interstudi, lalu saya pulang ke rumah, dan sepanjang perjalanan saya selalu memikirkan kata kata mutiara tersebut, dan saya sangat percaya pasti dengan kata kata tersebut, dan saya benar benar meng-amin-i kata kata mutiara tersebut. Sesampainya dirumah, saya tidur karena begitu lelah, setelah tidak tidur semalaman akibat mempersiapkan bahan yang harus saya bawa pada saat interview tadi. Setelah saya bangun tidur, tidak lama kemudian ada telepon dari Ibu Yuni :

Ibu Yuni : Halo Ruud
saya : Iya ibu
Ibu Yuni : kami tadi sudah membicarakan tentang interview kamu dan hasilnya baik, kamu bisa kerja dikantor kita mulai 1 maret 2012 ya, tapi kamu probation dulu selama 3 bulan.
saya : oya bu, makasih bu, saya harus bawa apa ya?
Ibu Yuni : kamu punya laptop ga?
saya : gak punya bu
Ibu Yuni : oh ya sudah kalau begitu bawa diri saja.

Horeeee, senang sekali saya mendapat kepastian sudah boleh bekerja di tempat tersebut, walau masih masa percobaan, tapi 3 bulan adalah waktu yang cukup untuk membuktikan bahwa saya bisa, dan saya akan belajar terus walau saya gak bisa, dan saya percaya, saya pasti bakal bisa!, amin!

Sebelum masa waktu saya bekerja per 1 maret 2012, ternyata Ibu Yuni memanggil saya lagi untuk ke kantor, dan pada saat itu saya langsung meluncur ke tkp. Ternyata ada sebuah project motion graphic yang harus saya selesaikan sebagai pemanasan sebelum saya masuk bekerja disana. Pada saat itu tanggal 27 februari 2012, tugas pertama yang saya harus kerjakan adalah sebuah brand terkenal bernama ABSOLUT yang akan meluncurkan produk barunya yaitu ABSOLUT ELYX. Pekerjaan saya terima sore hari sekitar jam 15.00, dan harus di serahkan
keesokan harinya sebelum jam 11.00.


Pekerjaan yang diberikan lalu saya kerjakan jam 23.00 pada hari yang sama, karena sebelumnya saya memang tidak bisa mengerjakan dikarenakan saya masih diluar rumah. Maka begadang "mode on", saya kerjakan dirumah dengan kekuatan komputer seada adanya, yang alhasil saya baru bisa kirim semua data jadi ke THIS AND THAT jam 1 siang via email.

Saya mengerjakan tugas motion graphic pertama saya berdurasi 30 detik per video, dan saya mengerjakan 3 video, setelah saya kirim kan 3 video preview pertama, tiba tiba saya cek email saya dan, jeng jeng, ada email baru lagi, dan saya harus mengerjakan lagi, huaaaa, saya belum tidur, cape dan komputer lemot sekali.

Akhirnya saya tidur dulu, baru bangun keesokan harinya, lalu saya kerjakan lagi, sekitar jam 16.00 sore, THIS AND THAT menelepon kembali untuk menanyakan apakah video terbaru sudah selesai atau belum, dan memang belum selesai, akirnya mereka mau menunggu sampai jam 22.00 malam, saya kerahkan semua kemampuan saya untuk menyelesaikan semua video, dan merender secepat nya, agar bisa sampai kantor THIS AND THAT jam 22.00.

Akhirnya semua proses kelar, pengiriman berhasil, dan saya bisa tidur dengan tenang, agar keesokan harinya saya dapat bekerja dengan baik.

Hari pun berganti, dan saya mulai berangkat ke kantor saya untuk hari pertama, saya datang jam 11.00, dan ternyata kantor masih KOSONG, saya menunggu sampai jam 14.00 belum mengerjakan apapun, ternyata saya dapat panggilan dari laki laki yang tadi menginterview saya, yang ternyata dia adalah bos saya, untuk meluncur ke acara peluncuran produk baru ABSOLUT ELYX yang bertempat di grand ballroom kempinski. Saya sangat senang sekali, karena inilah pekerjaan yang memang saya inginkan, saya tidak mau bekerja di kantor terus menerus, karena akan sangat membosankan tampaknya.

Saya bergegas pulang untuk berganti pakaian rapih, dan segera menuju ke tempat acara tersebut untuk belajar mengenai kondisi lapangan, dan benar benar sangat menyenangkan untuk berada disana, saya melihat berbagai proses dari persiapan, mengenal crew produksi lapangan, dan merasakan beberapa teguk ABSOLUT ELYX huhuu.





Pada saat itu adalah saat pertama kali video saya diputar untuk sebuah acara yang besar, dan saya sangat bangga akan hal tersebut, hasil jerih payah tidak tidur semua terbayar lunas dengan diputar nya video saya.

keesokan harinya saya masuk kantor, belum bertugas apa apa, dan saya mengenal banyak teman di kantor, sangat mengasyikan, menyenangkan, orang yang baik, sopan, dan yang paling penting adalah, suka bermain. Permainan yang biasa kami lakukan di kantor adalah, tembak menembak mengunakan peluru gabus, dan itu adalah pengalaman tidak terlupakan untuk mempunyai kantor semenarik ini. Waktunya kerja ya kerja, main ya main, asalkan semua tugas selesai pada waktunya.



Dikarenakan saya tidak mempunyai laptop, maka untuk saat ini saya menggunakan komputer kantor, sebagai sarana saya bekerja, yaaa sangat canggih bagi saya, komputer i mac yang bersih menjadi senjata saya sekarang, ya masih membutuhkan beberapa penyesuaian, tapi bisalah, karena terbiasa, ya akhir kata untuk saat ini, menyenangkan, dan masih akan banyak yang harus saya pelajari, dan masih akan sangat banyak project yang harus diselesaikan. Untuk next project THIS AND THAT akan mengerjakan konser "tribute to krisye" dan pastinya masih banyak yang lainya di lain waktu, dan sekarang, belajar dan bekerja sebaik mungkin harus saya jalani, kuliah, bekerja, bermain, dan tidak lupa untuk bersyukur atas semua yang telah dipercayakan kepada saya, semoga saya bisa dan saya harus bisa untuk menjaga sebaik mungkin semua yang telah diberikan Allah Bapa Tuhan Yesus dan Roh Kudus kepada saya, Amin.



07 maret 2012
nera

3 komentar:

  1. u knw me so well9:41 AM, Maret 21, 2012

    <3 u ! GBU :)

    BalasHapus
  2. Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya!
    Simak caranya di Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya atau Download Soal Psikotes

    BalasHapus
  3. kalau boleh tau, PT HOSANA INTI PERDANA itu perusahaan yang bergerak di bidang apa? terima kasih

    BalasHapus